
Penulis: Endi Rochaendi, Indah Perdana Sari, & Dyansih Alin Sholihah
ISBN: 978-634-7013-46-0 (PDF), 978-634-7013-47-7 (EPUB)
Halaman: 612
Ukuran: 15.5 x 23 cm
Tahun: 2025
Deskripsi:
Buku ini menghadirkan eksplorasi mendalam mengenai konsep, dinamika, serta tantangan dalam perancangan dan penerapan kurikulum sekolah dasar di era modern. Berangkat dari landasan filosofis yang kokoh, buku ini membedah bagaimana filsafat pendidikan membentuk arah kebijakan kurikulum, mulai dari pemikiran klasik hingga gagasan kontemporer yang menekankan pembelajaran berbasis kompetensi, nilai, dan pengalaman nyata. Inovasi dalam pembelajaran menjadi benang merah dalam diskusi, mengeksplorasi strategi terbaru yang tidak hanya relevan dengan perkembangan teknologi digital tetapi juga menekankan aspek keaktifan, kolaborasi, dan berpikir kritis di kalangan siswa. Tidak hanya itu, buku ini mengupas secara kritis implementasi kurikulum di berbagai konteks sekolah dasar, menganalisis kendala-kendala struktural maupun pedagogis yang dihadapi para pendidik dalam menerjemahkan kebijakan ke dalam praktik pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dengan dukungan studi kasus, hasil penelitian mutakhir, serta refleksi dari para praktisi, buku ini tidak hanya menjadi referensi akademik, tetapi juga menawarkan wawasan aplikatif bagi guru, pengambil kebijakan, dan akademisi yang ingin memperdalam pemahaman mereka mengenai desain dan penerapan kurikulum sekolah dasar yang responsif terhadap tuntutan zaman. Sebuah bacaan wajib bagi mereka yang meyakini bahwa pendidikan dasar bukan sekedar transfer ilmu, melainkan landasan untuk membangun karakter dan kompetensi yang akan membentuk masa depan generasi penerus bangsa.