Ilmu Pendidikan: Fondasi Teoretis dan Praktis bagi Calon Guru Sekolah Dasar

Penulis: Endi Rochaendi, Yusinta Dwi Ariyani, Ahmad Syamsul Arifin, & Ismanto
ISBN: 978-634-7361-37-0 (PDF), 978-634-7361-38-7 (EPUB)
Halaman: 494
Ukuran: 15.5 x 23 cm
Tahun: 2025

Deskripsi:

Buku ini merupakan panduan komprehensif dan reflektif bagi calon guru Sekolah Dasar yang ingin memahami pendidikan sebagai ilmu, seni, dan panggilan moral. Disusun secara sistematis dalam 10 bab, buku ini menuntun pembaca menelusuri hakikat ilmu pendidikan dari dimensi filosofis, psikologis, sosiologis, hingga kebijakan publik, sekaligus menegaskan pentingnya keseimbangan antara teori, praktik, dan nilai.

Melalui pendekatan interdisipliner, penulis menghadirkan integrasi antara konsep-konsep ilmiah dengan realitas pendidikan di Indonesia, termasuk Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila, dan tantangan pendidikan abad ke-21. Buku ini tidak hanya memaparkan teori belajar, karakteristik peserta didik, dan strategi pembelajaran kontekstual, tetapi juga mengupas profesionalisme guru sebagai pendidik yang humanis, reflektif, dan berdaya ubah sosial. Setiap bab disusun dengan gaya akademik yang ringan namun mendalam, mempertemukan refleksi filosofis dengan data empiris, serta mendorong calon guru memahami profesinya sebagai agen transformasi peradaban. Melalui bahasan tentang sistem dan manajemen pendidikan dasar, lingkungan belajar, hingga integrasi teknologi dan kecerdasan buatan, buku ini menjembatani teori global dengan kebutuhan lokal pendidikan dasar Indonesia.

Dilengkapi dengan landasan normatif, kutipan dari literatur internasional (Hattie, Biesta, Darling-Hammond, UNESCO, OECD), dan refleksi praksis, buku ini menghadirkan pembelajaran yang bernilai ilmiah sekaligus spiritual. Ilmu pendidikan bukan sekadar referensi akademik, tetapi manifesto kemanusiaan bagi guru yang ingin mengajar dengan nalar, membimbing dengan hati, dan mendidik dengan makna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Time limit exceeded. Please complete the captcha once again.