
Penulis: Endi Rochaendi, Asim Supriadi, Yusinta Dwi Ariyani, Indah Perdana Sari, & Dyahsih Alin Sholihah
ISBN:
Halaman: 705
Ukuran: 15.5 x 23 cm
Tahun: 2025
Deskripsi:
Pengelolaan kelas yang efektif merupakan fondasi utama dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondisif, inovatif, dan berorientasi pada pengembangan karakter siswa. Buku ini hadir sebagai referensi akademik yang membahas secara komprehensif strategi pengelolaan kelas di sekolah dasar, mencakup berbagai aspek mulai dari manajemen lingkungan belajar, ketatausahaan kelas, interaksi guru-siswa, hingga strategi pembelajaran berbasis teknologi dan diferensiasi. Dengan pendekatan berbasis student-centered learning, buku ini menyoroti pentingnya komunikasi yang efektif, disiplin positif, serta implementasi sekolah ramah anak guna memastikan setiap siswa merasa dihargai dan didukung dalam proses belajarnya. Lebih dari sekadar teori, buku ini menyajikan praktik terbaik, studi kasus, dan teknik aplikatif dalam mengelola kelas secara dinamis dan sistematis, termasuk bagaimana mengoptimalkan administrasi kelas, pengelolaan data siswa, serta pemanfaatan teknologi dalam dokumentasi pembelajaran. Guru akan menemukan berbagai metode inovatif dalam manajemen kelas, kepala sekolah akan memahami strategi kepemimpinan kelas yang transformatif, sementara orang tua dan komunitas akan diajak untuk berkontribusi dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif. Dengan membaca buku ini, para pendidik dapat membangun kelas yang tidak hanya efektif secara akademik, tetapi juga menjadi ruang inspiratif bagi tumbuh kembang siswa sebagai individu yang mandiri, berkarakter, dan berdaya saing.